9 Aksi Pergerakan Mahasiswa Sepanjang Sejarah Indonesia





Mahasiswa adalah salah satu wadah aspirasi bagi masyarakat yg memiliki potensial dlam memahami perubahan dan perkembangan di dunia pendidikan. selain itu juga mahasiswa sering kita artikan sebagai penyambung lidah masyrakat atas ketidak puasan yg dirasakan oleh rakyat. berikut Adalah 9 pergerakan mahasiswa sepanjang sejarah indonesia. 

Pergerakan Mahasiswa 1908

Boedi Oetomo, merupakan wadah perjuangan yang pertama kali memiliki struktur pengorganisasian modern. yang Didirikan oleh pelajar dan mahasiswa dari lembaga pendidikan STOVIA, wadah ini merupakan refleksi sikap kritis dan keresahan intelektual terlepas dari primordialisme Jawa. Kehadiran Boedi Oetomo pada masa itu menandai munculnya sebuah angkatan pembaharu dengan kaum terpelajar dan mahasiswa dengan misi utamanya menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan dikalangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaannya.

Pergerakan Mahasiswa 1928

serombongan mahasiswa yang bergabung dalam Perhimpunan Indonesia kembali ke tanah air. Mereka Kecewa dengan perkembangan kekuatan-kekuatan perjuangan di Indonesia, dan melihat situasi politik yang di hadapi, mereka membentuk kelompok studi yang dikenal amat berpengaruh, karena keaktifannya dalam diskursus kebangsaan saat itu.



Pergerakan Mahasiswa 1945


ditandai dengan kehadiran kelompok-kelompok studi, dan akibat pengaruh sikap penguasa Belanda yang Liberal, muncul kebutuhan baru untuk secara terbuka mentransformasikan eksistensi wadah mereka menjadi partai politik, terutama dengan tujuan memperoleh basis massa yang luas. Kelompok Studi Indonesia berubah menjadi Partai Bangsa Indonesia (PBI), sedangkan Kelompok Studi Umum menjadi Perserikatan Nasional Indonesia (PNI).

perjuangan pelajar dan mahasiswa semakin jelas arahnya pada upaya mempersiapkan lahirnya negara Indonesia di masa pendudukan Jepang.

Pergerakan Mahasiswa 1966 



Suasana Indonesia pada masa-masa awal kemerdekaan hingga Demokrasi Parlementer,lebih diwarnai perjuangan partai-partai politik yang saling bertarung berebut kekuasaan. Pada saat yang sama mahasiswa sendiri lebih melihat diri mereka sendiri sebagai The Future Man ; artinya, sebagai calon elit yang akan mengisi pos-pos birokrasi pemerintahan yang akan dibangun. Dalam periode ini, pola kegiatan mahasiswa kebanyakan diisi dengan kegiatan sosial seperti piknik, olahraga, pers, dan klub belajar.

Pergerakan Mahasiswa 1974

konfrontasi dengan militer yang berposisi sebagai pendukung kemapanan.Sebelum gerakan mahasiswa 1974 meledak, sebenarnya para mahasiswa telah melancarkan berbagai kritik dan koreksi terhadap praktek kekuasaan rezim Orde Baru.Tetapi kesabaran mahasiswa mulai menuju titik batasnya setelah penantian akan terkabulnya cita-citanya perubahan yang dijanjikan tidak mendapatkan respon yang sewajarnya. Diawali dengan reaksi terhadap kenaikan harga BBM, aksi protes lainnya yang paling mengemuka disuarakan mahasiswa adalah tuntutan pemberantasan korupsi.

Pergerakan Mahasiswa 1978

Menjelang dan terutama saat-saat antara sebelum dan setelah Pemilu 1977, muncul kembali pergolakan mahasiswa yang berskala masif.Berbagai masalah penyimpangan politik diangkat sebagai burning isu, misalnya soal pemilu mulai dari pelaksanaan kampanye, sampai penusukan tanda gambar, pola rekruitmen anggota legislatif, pemilihan gubernur dan bupati di daerah-daerah, strategi dan hakekat pembangunan, sampai dengan tema-tema kecil lainnya yang bersifat “lokal”.

Pergerakan Mahasiswa 1990

di bawah Mendikbud Fuad Hasan kebijakan NKK/BKK dicabut dan sebagai gantinya keluar Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan (PUOK). Melalui PUOK ini ditetapkan bahwa organisasi kemahasiswaan intra kampus yang diakui adalah Senat Mahasiswa Perguruan Tinggi , yang didalamnya terdiri dari Senat Mahasiswa Fakultas dan Unit Kegiatan Mahasiswa .

Dalam perkembangan kemudian, banyak timbul kekecewaan di berbagai perguruan tinggi karena kegagalan konsep ini dalam eksperimentasi demokrasi. Mahasiswa menuntut organisasi kampus yang mandiri, bebas dari pengaruh korporatisasi negara termasuk birokrasi kampus.

Pergerakan Mahasiswa 1998

dengan segala keberhasilannya meruntuhkan kekuasaan rezim orde baru, atas ketidakpuasan dan kekecewaan politik yang telah bergejolak selama puluhan tahun dan akhirnya “meledak”.Secara obyektif situasi pada saat itu, sangat kondusif bagi gerakan mahasiswa berperan sebagai agen perubahan. Krisis legitimasi politik yang sudah diambang batas, justru terjadi bersamaan dengan datangnya badai krisis moneter di berbagai sektor. Di sisi lain secara subyektif, gerakan mahasiswa 1998 telah belajar banyak dari gerakan 1966 dengan mengubah pola gerakan dari kekuatan eksklusif ke inklusif dan menjadi bagian dari kekuatan rakyat,tuntutan utama dari gerakan ini adalah reformasi.

Pergerakan Mahasiswa 2015

diawali dari kekecewaan masyarakat dan mahasiswa terhadap kepemimpinan Jokowi. karena dianggap banyak melakukan kebijakan yang tidak pro rakyat dan hanya menguntungkan kepentingan elite dan kelompok tertentu. Pengangkatan kabinet yang tidak profesional, kenaikan harga BBM pada awal pelantikannya,melemahnya KPK, keberpihakan pada kapitalis asing, dan semakin terpuruknya ekonomi merupakan beberapa catatan mahasiswa dalam menilai kinerja buruk Jokowi selama 6 bulan kepemimpinan. Dan kondisi tersebut tidak sesuai dengan puluhan janji Jokowi semasa kampanyenya. Mereka menuntut Rezim Jokowi-JK untuk segera menuntaskan janji-janji reformasi dan menjaga stabilitas ekonomi.

Saksikan Cuplikan Videomya

Semoga Bermanfaat.


9 Aksi Pergerakan Mahasiswa Sepanjang Sejarah Indonesia 9 Aksi Pergerakan Mahasiswa Sepanjang Sejarah Indonesia Reviewed by Admin on 13:56 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.